Thursday, March 17, 2016

Cara Alami untuk Menurunkan Kolesterol

Kolesterol tinggi dalam tubuh memang dapat menyebabkan berbagai masalah pada tubuh seperti penyakit stroke, serangan jantung, dan penyakit bahaya lainnya. Untuk itu ada baiknya apabila memperhatikan kadar kolesterol dalam tubuh agar tak terlalu tinggi. Terdapat banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengurangi atau membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Menurunkan kolesterol dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan menghindari rokok dan juga alkohol. Pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa cara alami dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Nah untuk Anda yang belum mengetahui bagaimana cara dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh secara alami. Langsung saja simak pada pembahasannya di bawah ini!
Berikut Beberapa Cara Alami untuk Menurunkan Kadar Kolesterol
Jenis Kacang-Kacangan
Cara alami untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh yang pertama adalah dengan mengonsumsi jenis kacang-kacangan. Berdasarkan penelitian bahwa seseorang orang mengonsumsi jenis kacang kenari 1,5 ons tiap harinya maka dalam waktu 1 bulan saja akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh mereka sampai dengan 5,4 persen dan juga kadar kolesterol jahat sampai dngan 9,3 persen. Selain kacang kenari, untuk jenis kacang lain yang juga bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh seperti kacang almond, kacang mete, dan jenis kacang-kacangan lainnya.
Ikan Salmon
Cara alami untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh selanjutnya adalah mengonsumsi ikan salmon. Ikan salmon dapat Anda jadikan sebagai sumber makanan yang bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. ini dikarenakan ikan salmon mengandung omega 3 yang bisa membantu dalam menangkal penyakit jantung sekaligus. Selain itu asam lemak tersebut akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Berdasarkan penelitian dari Universitas Loma Linda dengan kandungan omega 3 yang menggantikan asupan lemak jenuh maka bisa membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh sampai dengan 4 persen.
Oat
Cara alami dalam menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh berikutnya adalah dengan mengonsumsi oat. Oat dapat Anda jadikan sebagai sumber makanan untuk sarapan di pagi hari anda. Sarapan paling tidak dua porsi oat di tiap pagi bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol buruk pada tubuh sampai dengan 5,3 persen dalam waktu 6 minggu. Ini dikarenakan kandungan beta-glucan, zat pada gandum yang bersifat membantu menyerap kadar kolesterol jahat pada tubuh.
Coklat Hitam
Coklat hitam tak hanya lezat ketika dikonsumsi tetapi ternyata juga menyimpan banyak manfaat bagi tubuh. Di dalam coklat hitam terkandung zat antioksidan yang kuat sehingga mampu membangun kadar kolesterol baik pada tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 silam, partisipan yang mengonsumsi coklat bubuk mengalami peningkatan kadar kolesterol baik pada tubuh sampai dengan 24 persen selama kurun waktu 12 minggu. Nah untuk itu ada baiknya apabila Anda mencoba dalam mengonsumsi coklat hitam sewajarnya saja untuk membantu proses menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.
Alpukat
Yang terakir pada pembahasan kali ini adalah buah alpukat. Buah alpukat juga baik untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah organ jantung. Ini dikarenakan buah alpukat mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang bisa membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol baik pada tubuh sekaligus membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain fungsinya tersebut mngandung zat antioksidan.

Baca











No comments:

Post a Comment